Abu Sayyaf Menyerang Kapal Indonesia Lagi

Lagi-lagi kelompok abu sayyaf menyerang kapal Indonesia. 1 orang tertembak, 4 diculik, dan 5 orang selamat. Kapal Tunda Henry dan Kapal Tongkang Crista diserang pada Jumat 15 April pukul 18.30 diperairan Filipina sebelah timur Pulau Mataking Malaysia. Kapal tersebut sedang dalam perjalanan dari Cebu, Filipina menuju Tarakan Kalimantan

Enam orang yang berhasil lolos dari serangan tersebut berhasil mencapai wilayah Malaysia dan ditolong oleh Polisi Maritim Malaysia. Satu orang yang tertembak di bawa kerumah sakit terdekat di Malaysia. Lima orang yang selamat saat ini masih berada di bawah perlindunganĀ  Polisi Maritim Malaysia. Sementara 4 orang lainnya lainnya sampai saat ini belum diketahui nasibnya. Dua kapal yang diserang saat ini berada di Pelabuhan Lahad Datu dibawah pengamanan Malaysia.

Penyerangan terhadap kapal Indonesia di perairan Filipina terjadi disaat negoisasi pembebasan 10 WNI yang disandera kelompok abu sayyaf masih berlangsung. Disaat yang sama operasi militer terhadap abu sayyaf oleh militer Filipina juga sedang berlangsung. Penyerangan yang kedua ini menunjukan lemahnya kemampuan angkatan laut Filipina menjaga perairan mereka.

Baca: Kekuatan Militer Indonesia Nomer 1 di ASEAN

Kementerian Luar Negeri saat ini masih berkoordinasi dengan pihak Malaysia dan Filipina terkait kejadian ini.

%d blogger menyukai ini: