Kelompok Abu Sayyaf Menghancurkan Tentara Filipina

Pertempuran besar telah terjadi pada hari Sabtu antara tentara Filipina dengan kelompok abu sayyaf dan sekutunya di Tipo-Tipo, pulau Basilan. 18 tentara Filipina tewas 50 lainnya terluka.

Kelompok Abu Sayyaf VS Tentara Filipina

Lima orang militan tewas termasuk seorang terduga teroris dari Maroko Muhammad Khattab dan Ubaida Hapilon anak pemimpin senior abu sayyaf Isnilon Hapilon.

Pasukan dari Joint Task Group Basilan melakukan operasi militer di Basilan dan bentrok dengan 120 orang militan abu sayyaf yang dipimpin Isnilon Hapilon dan Furuji Indama.

Pejabat militer Filipina Mayor Fileman Tan mengatakan telah terjadi pertempuran yang sangat berat sepanjang hari di Pulau Basilan. Tentara diserang pada pukul delapan pagi di Sitiyo Bayoko, Baguindan. Baku tembak terjadi antara kelompok abu sayyaf dengan Batalion 44 Infantery, Batalion4 Pasukan Khusus dan 14 orang pasukan Kavaleri.

Setelah kejadian Menteri Pertahanan Filipina Voltaire Gazmin bersama Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Jenderal Hernando Irriberi langsung terbang ke Pusat Komando Mindanao Barat di Kota Zamboangan untuk melihat situasi.

“Menurut berita lokal 100 militan bentrok dengan tentara pemerintah. 4 tentara dipenggal oleh kelompok militan tersebut. “

Tahun 2011 19 tentara Filipina tewas oleh militan abu sayyaf dalam pertempuran di Al Burka, Basilan. Tahun 2015 lebih dari 30 pasukan komando polisi telah ditewas di daratan Mindanao.

Kejadian ini membuktikan kelompok Abu sayyaf masih mempunyai kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Sudah puluhan tahun mereka bertempur dengan tentara pemerintah yang didukung Amerika Serikat. Kekuatan kelompok ini sudah jauh berkurang tetapi tetap masih menjadi ancaman yang berbahaya dikawasan ini.

Baca:  Abu Sayyaf Membuat Marah Bangsa Indonesia

Kelompok militan ini sudah menyatakan berafiliasi dengan ISIS. Penculikan, perampokan dan pemerasan telah banyak dilakukan mereka. Saat ini 10 WNI masih disandera kelompok Abu sayyaf. upaya pemerintah sampai saat ini untuk membebaskan sandera masih dilakukan. Seorang mantan pastur dari Italia baru saja dibebaskan setelah membayar uang tebusan.

BACA: Abu Sayyaf Menantang Indonesia

Belum diketahui keselamatan para sandera setelah kejadian ini. Seperti diketahui sampai saat ini belasan sandera masih di sekap kelompok militan abu sayyaf.

3 thoughts on “Kelompok Abu Sayyaf Menghancurkan Tentara Filipina

%d blogger menyukai ini: