Monster Perang Amerika Telah Keluar

Alat perang termahal dan tercanggih sebentar akan keluar untuk menguasai dunia. Monster perang Amerika ini akan menjadi andalan negara adidaya tersebut dalam menjalankan misinya. USS Gerald Ford (CVN-78) seharga 270 trilyun rupiah akan mendominasi lautan.

Monster Perang Amerika Tercanggih dan Termahal

USS Gerald Ford (CVN-78) dijadwalkan mulai berlayar musim panas ini sebut pejabat militer Amerika. Dibangun dengan biaya 13 milyar dollar merupakan investasi besar. Inovasi teknologi canggih membuat biaya operasional kapal yang lebih efisien.

Kapal ini berbobot 100.000 ton panjang 325 meter, lebar sekitar 76 meter, tinggi sekitar 40 meter. Sumber tenaga 2 buah reaktor nuklir Bechtel A1B, kecepatan 30 knots. Dapat mengangkut 4600 pasukan dan 85 pesawat. Dilengkapi senjata 2 x 08 ESS SAM (16 misil), 2 X 21 RAM SAM (42 misil), 3 X 20 mm CIWS Phalanx. Selain itu dengan power yang sangat besar dari 2 reaktor nuklirnya (300 megawats) kapal ini dilengkapi senjata masa depan free-electron laser dan dynamic armour.

Persaingan persenjataan diantara negara-negara besar seperti Rusia, Cina dan Amerika merupakan tontonan yang menarik sekaligus mengerikan bagi penduduk dunia. Tapi dengan diluncurkannya USS Gerald R. Ford membuktikan Amerika selangkah lebih maju diantara kompetitornya.

Selain kemampuan perang, biaya operasional juga dipertimbangkan dalam pengembangan kapal ini. Senjata laser hanya memerlukan beberapa dollar untuk sekali tembak. Bandingkan jika menggunakan misil konvensional yang bisa berharga ribuan bahkan ratusan ribu dollar.

Sitem pelontar pesawat / catapults diganti dari sistem konvensional pelontar tenaga uap di ganti EMALS (Electromagnetic Aircraft Launch System). EMALS dapat meluncurkan pesawat tiap 45 detikatau 25 % lebiih cepat dari pelontar sebelumnya. Dengan menggunakan sistem electromagnetic juga memudahkan peluncuran pesawat tanpa awak.

monster perang amerika
Gambar Monster Perang Amerika. Terlihat orangnya seperti semut dibanding besar kapal

Kru kapal yang dibutuhkan untuk mengoperasikan kapal ini juga lebih sedikit. Sehingga mengurangi biaya kerja.  Bagaimanapun cost perang harus diperhitungkan karena dengan cost yang lebih efisien akan meningkatkan kemampuan perang suatu negara.

Angkatan laut yang kuat sangat diperlukan dalam era globalisasi. Pergerakan pasukan beserta kendaraan perangnya lebih cepat menggunakan jalur udara. Tetapi kunci pergerakan ke wilayah perang tetap berada dilaut. Kapal sebesar USS Gerald R. Ford seperti pangkalan militer bergerak. Dominasi laut akan menunjang kepentingan nasional negara Paman Sam.

BACA: Kekuatan Militer Indonesia Nomer 1 di ASEAN

Indonesia dengan ribuan pulau tentunya harus mempunyai Angkatan laut yang handal untuk menjaga kepentingan nasional Indonesia dari gangguan luar.

 

%d blogger menyukai ini: